Kamis, 07 April 2011

Irigasi Bangunan

PERENCANAAN BENDUNG KARET
 ISI UDARA

I. Ruang lingkup

Pedoman ini berlaku untuk bendung karet isi udara dengan pengempisan secara otomatis, yang berfungsi untuk melayani bangunan pengambilan air dan/atau menahan intrusi air laut di alur sungai
Isi pedoman mencakup kriteria perencanaan, perencanaan tata letak, perencanaan hidraulik, perencanaan stabilitas, dan perencanaan instalasi yang dikaitkan dengan kemudahan dalam operasi dan pemeliharaan.

II. Acuan normatif

SNI 03-2415-1991   :    Metode perhitungan debit banjir.
SNI 03-1724-1989   :    Pedoman perencanaan hidrologi dan hidraulika untuk bangunan di sungai.
SNI 03-2401-1991          :     Tata cara perencanaan bendung.






 


III. Kriteria perencanaan

A. Dasar penerapan

Pemilihan bendung karet harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut.
1)    Alternatif penerapan bendung jenis lain yang lebih murah tanpa mengabaikan efektifitasnya bagi tujuan dibangunnya bendung;
2)    Bendung karet hanya diterapkan pada kondisi yang apabila digunakan bendung tetap akan menimbulkan peningkatan ancaman banjir yang sulit diatasi;
3)    Alternatif bendung karet dipilih apabila bendung gerak jenis lain tidak bisa menjamin kepastian pembukaan bendung pada saat banjir datang, mengingat daerah yang harus diamankan terhadap ancaman banjir merupakan kawasan penting.

B. Persyaratan

Pembangunan bendung karet hendaknya memenuhi persyaratan sebagai berikut.
1)     Kondisi alur sungai;
a)     memiliki aliran subkritik;
b)     tidak terjadi sedimentasi yang sedemikian berat sehingga mengganggu mekanisme kembang-kempisnya tabung karet;
c)     tidak mengangkut sedimen kasar;
d)    aliran sungai tidak mengangkut sampah yang besar dan keras;
e)     air sungai tidak mengandung limbah kimia yang bisa bereaksi dengan karet.
2)      Bahan
a)     tabung karet terbuat dari bahan yang elastis, kuat, kedap udara, tidak mudah terabrasi, dan tahan lama;
b)     perencanaan bahan karet baik jenis, kekuatan maupun dimensi hendaknya disesuaikan dengan kemampuan produsen untuk menyediakannya;
3)      Operasi dan pemeliharaan
a)     radiasi sinar ultraviolet terhadap karet tubuh bendung harus dikurangi semaksimal mungkin;
b)     bendung karet harus diamankan dari gangguan manusia yang tidak bertanggung jawab.

C. Dasar perencanaan

Perencanaan bendung karet didasarkan pada ketentuan-ketentuan berikut.
1)      Secara hidraulik bendung karet harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:
1.      mampu melayani taraf muka air yang direncanakan;
2.      dapat membuka secara otomatis jika terjadi banjir yang melampaui batas tertentu;
3.      pada bendung yang berfungsi untuk menahan intrusi air asin, air asin yang terperangkap di hulu bendung harus bisa didorong ke hilir;
4.      aman terhadap gerusan dasar sungai akibat energi terjunan air;
5.      aman terhadap gangguan akibat arus air dan benda padat yang terangkut;
6.      tinggi bendung karet umumnya tidak melebihi 5,00 m, dengan pertimbangan bahwa konstruksi bendung karet dengan tinggi >5,00 m tidak efisien lagi.
2)      Secara struktural bendung karet harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
1.      kuat dan stabil terhadap penggulingan penggeseran dan batas daya dukung tanah serta erosi dasar fondasi;
2.      tata letak bendung direncanakan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan fasilitas bagi pekerjaan perbaikan tubuh bendung dengan mudah dan murah.

IV.  Perencanaan tata letak

A.  Komponen bangunan

Bangunan bendung karet terdiri dari komponen sebagai berikut (lihat Gambar A.1 sampai dengan A.6 pada Lampiran A).
1)      Tubuh bendung, yang berupa tabung karet yang dikembangkan, sebagai bangunan utama yang berfungsi untuk membendung air.
2)      Bangunan dasar, yang berupa fondasi untuk perletakan tubuh bendung yang dirangkaikan dengan lantai hilir sebagai dasar kolam peredam energi dan lantai hulu yang direncanakan untuk pengamanan terhadap erosi dasar fondasi.
3)      Pilar dan tembok tepi, yang berfungsi sebagai batas tepi panel bendung dan penahan tanah tebing sungai.
4)      Saluran dan pintu pembilas, yang berfungsi untuk pembilas sedimen di sekitar mulut bangunan pengambilan dan untuk fasilitas dewatering pada pekerjaan perbaikan tubuh bendung.
5)      Instalasi pemompaan udara, yang terdiri dari generator atau jaringan suplai listrik, pompa blower, pipa penghubung, dan instalasi pipa dalam tubuh bendung serta peralatan kontrol tekanan tubuh bendung
6)      Sistem otomatisasi pengempisan bendung, yang berupa sensor muka air dan alat pembuka tutup lubang pengeluaran udara.
7)      Rumah operasi, yang berfungsi sebagai tempat peralatan pemompaan udara dan otomatisasi pengempisan bendung serta ruangan bagi operator.
8)      Jembatan penyeberangan, yang berfungsi untuk jalan penyeberangan orang/kendaraan antarkedua sisi sungai sekaligus untuk menghindari orang melintas pada tubuh bendung dan untuk melindungi tubuh bendung dari sengatan sinar matahari.
9)      Pagar pengaman, yang menutup jalan masuk ke tubuh bendung.

 

B.  Tata letak

Panjang bentang bendung diusahakan sama dengan lebar normal alur sungai. Panjang panel bendung dibatasi oleh kemampuan produsen dan kemudahan pengangkutan bahan ke lokasi.
Panjang panel bendung bisa juga ditentukan oleh sistem panelisasi yang ditujukan untuk pengaturan muka air hulu, seperti diuraikan pada Lampiran B.
Panjang lantai hulu harus dapat menyediakan landasan bagi penggelaran lembaran karet bendung.
Dasar tubuh bendung dan lantai hulu dibuat sedemikian tinggi sehingga  permukaannya dapat dikeringkan dengan cara membuka pintu pembilas. Jika hal ini terkendala oleh timbulnya peningkatan ancaman banjir, permukaan dasar bendung dan lantai hulu tetap dibuat rendah dengan pilar saluran pembilas diperpanjang hingga ujung lantai hulu. Di ujung lantai hulu dan ujung hilir fondasi disediakan perletakan untuk pemasangan cofferdam sederhana.

 

V. Perencanaan hidraulik   

A. Elevasi mercu bendung

Mercu bendung diletakkan pada elevasi yang diperlukan untuk pelayanan muka air pengambilan, atau didasarkan pada perhitungan bagi penyediaan volume tampungan air di hulu bendung.

B. Pembendungan

Pada bendung karet tinggi pembendungan harus dibatasi untuk menghindari terjadinya:
1)      ancaman banjir di daerah hulu,
2)      peningkatan energi terjunan yang berlebihan,
3)      vibrasi yang akan merusak tabung karet.
Tinggi pembendungan maksimum ditetapkan tidak melebihi 0,3 H, dengan H adalah tinggi bendung. Pembendungan maksimum ini menentukan elevasi muka air pengempisan yang merupakan batas muka air tertinggi karena  bendung karet harus sudah dikempiskan.
Untuk mengurangi besarnya vibrasi, pada tubuh bendung bisa diberi sirip yang letaknya di sebelah hilir mercu, atau jika pada kondisi mengempis, sirip berada pada ujung hilir lipatan

 

C. Penampungan dan pelepasan

Ketika bendung karet mengembang, di hulu bendung akan terjadi penampungan air. Pada alur sungai yang relatif lebar dan landai, volume tampungan cukup berarti sebagai penyediaan air tawar di daerah pantai. Pada bendung dengan volume tampungan yang besar sedangkan debit aliran relatif kecil, pengisian tampungan untuk mencapai muka air normal memerlukan waktu yang lama. Untuk menghindari pelepasan volume tampungan pada operasi pengempisan, bisa digunakan sistem panelisasi bendung seperti diuraikan pada Lampiran B.

D. Peredaman energi

a. Energi terjunan
Energi terjunan diperhitungkan untuk kemungkinan yang paling membahayakan yaitu pada kondisi dengan asumsi sebagai berikut.
1. muka air hulu setinggi muka air pengempisan;
2. terjadi v-notch hingga mencapai dasar tubuh bendung;
Perhitungan debit limpasan pada muka air pengempisan (qw) dan debit spesifik pada v-notch (qv) diuraikan pada Lampiran C.

Energi terjunan dihitung dengan rumus :

ET = w g qv  HE   ........................................................................................... (1)

HE = H + h1 - HI............................................................................................... (2)

dengan:
ET adalah energi terjunan spesifik (N/s)
w       adalah massa jenis air, diambil 1000 kg/m3
g   adalah gravitasi bumi, diambil 9,81 m/s2
qV        adalah debit per satuan lebar (m2/s)
HE        adalah tinggi terjunan (m)
H adalah tinggi bendung (m)
h1 adalah tinggi pembendungan maksimum (m)
HI        adalah kedalaman air hilir yang dihitung berdasarkan aliran qw pada alur sungai

b. Kolam peredam energi
Kolam peredam energi direncanakan dengan energi terjunan ET, seperti diuraikan pada butir a. Jenis dan dimensi kolam peredam energi direncanakan dengan metode yang berlaku, dengan prinsip:
1)            elevasi lantai ditentukan agar loncat air terjadi tepat pada ujung terjunan, blok pemecah arus bisa ditambahkan jika diperlukan.
2)            panjang lantai ditentukan hingga ujung hilir loncat air
Penghitungan muka air hilir harus mempertimbangkan kemungkinan terjadinya degradasi dasar sungai. Struktur hidraulik kolam harus mempertimbangkan terjadinya pusaran air sebagai akibat aliran tidak merata karena timbulnya V-notch.

E. Sirip (fin)
Sirip yang diletakkan di sebelah hilir/bawah mercu bendung sepanjang tabung karet berfungsi untuk menahan agar limpasan air dari atas mercu bendung tidak menempel menuruni sisi hilir tabung karet, dengan pertimbangan bahwa aliran air yang menempel tersebut tidak stabil dan akan menyebabkan terjadinya vibrasi ataupun osilasi.
Prinsip penentuan lebar dan letak sirip adalah sebagai berikut :
1)      menghindari menempelnya aliran limpasan di hilir bendung pada posisi setinggi mungkin;
2)      tidak mempengaruhi aliran limpasan sempurna di atas mercu bendung

 

VI. Perencanaan tubuh bendung

A.    Bahan karet

Lembaran karet terbuat dari bahan karet asli atau sintetik yang elastik, kuat, keras, dan tahan lama. Pada umumnya bahan karet yang digunakan memiliki spesifikasi sebagai berikut :
1)      Kekerasan
 tes abrasi menggunakan metode H18 dengan beban 1 kg pada putaran !000 kali tidak melampaui  0,8 m3/mil
2)      Kuat tarik
kuat tarik pada suhu normal         ≥ 150 kg/cm2
kuat tarik pada suhu 100o            ≥ 120 kg/cm2
Bahan karet diperkuat dengan susunan benang nilon yang memberikan kekuatan tarik sesuai dengan yang dibutuhkan untuk menahan gaya seperti diuraikan pada butir B. Bahan dasar karet umumnya digunakan karet sintetis seperti ethylene propylene diene monomer (EPDM), chloroprene rubber (CR), dan lain-lain.  Untuk mengurangi goresan oleh benda tajam/keras, permukaan luar karet bisa dilapisi dengan bahan keramik.

B. Kekuatan

Kekuatan lembaran karet harus mampu menahan gaya tekanan air dikombinasikan dengan gaya tekanan udara dari dalam tubuh bendung. Gaya tersebut dapat dihitung dengan pendekatan sebagai berikut (lihat Gambar 2)


Gambar 2   Sketsa gaya tarik pada tabung karet

     T  =  0,5  H  pb............................................................................................ (3)
Fw = 0,5 w [Y2 – (h1+v2/2g)2].................................................................... (4)
Ti  = T + 0,5 Fw .......................................................................................... (5)
Tu = T - 0,5 Fw ........................................................................................... (6)



dengan:
T  adalah gaya tarik pada selubung tabung karet (N/m)
H  adalah tinggi bendung (m)
pb  adalah tekanan udara dalam tabung karet (Pa)
Fw adalah gaya tekanan air dari hulu pada tubuh bendung (N/m)
w  adalah berat jenis air, diambil 9810 N/m3
Y  adalah kedalaman air hulu bendung (m)
h1  adalah tinggi pembendungan maksimum (m)
v  adalah kecepatan rata-rata aliran air di hulu bendung (m/s)
g  adalah gravitasi, diambil 9,81 m/s2
Ti adalah gaya pada angker hilir (N/m)
Tu         adalah gaya pada angker hulu (N/m)
Kekuatan tarik lembaran karet pada arah aliran air ditetapkan dengan rumus :
KT = n Ti..................................................................................................... (7)
dengan:
KT adalah kekuatan tarik karet searah aliran air (N/m)
n adalah angka keamanan, diambil 8
Kekuatan tarik searah as bendung ditentukan sebesar 60% KT.
Tebal lembaran karet ditentukan oleh tebal susunan benang nilon ditambah lapisan penutup di kedua sisinya untuk menjamin kedap udara. Lapisan penutup sisi luar dibuat lebih tebal untuk pengamanan terhadap goresan ataupun abrasi oleh benda keras. Biasanya tebal lapisan penutup diambil sekitar 3 mm di permukaan dalam dan 7 mm di permukaan luar.

 

C. Sistem penjepitan

Perletakan tabung karet pada fondasi berupa penjepitan yang menggunakan baja yang diangker. Untuk bendung rendah dengan H £ 1,00 m bisa digunakan angker tunggal, sedangkan untuk H > 1,00 m biasanya digunakan angker ganda. Bendung yang dipengaruhi pasang surut air laut selalu menggunakan angker ganda. Sketsa sistem penjepitan bisa dilihat pada Gambar Lampiran A.

D. Kebutuhan luasan karet

Untuk membentuk tabung karet dengan tinggi H yang direncanakan, diperlukan lembaran karet dengan lebar tertentu (W) seperti ditunjukkan pada Tabel-1. Lebar total lembaran karet adalah W ditambah dua kali lebar untuk penjepitan.
Penjepitan pada ujung tabung karet yang menaiki tembok tepi atau pilar dibuat hingga ketinggian H + 10% H.
Bentuk dan panjang lembaran karet ditentukan dengan perhitungan berikut (lihat Gb.3)

L    = L0 + 2 LS + 2 a’...................................................................................... (8)

W   = 2 B0 + 2 a............................................................................................... (9)

          ...................................................................................... (10)

................................................................................... (11)
dengan
L adalah panjang total lembaran karet (m)
W adalah lebar lembaran karet (m)
a   adalah lebar untuk penjepitan (m)
L0 adalah lebar dasar panel bendung (m)
Ls         adalah panjang tambahan bahan karet untuk tekukan samping bendung (m)
m adalah faktor horizontal kemiringan tembok tepi atau pilar
B0 adalah setengan keliling tabung karet (m)
Lebar lembaran karet dan lebar sirip bisa dilihat pada Tabel 1 berikut.

Tampak depan bendung
Luasan bahan karet

Lebar karet posisi terlipat
Keterangan :
L0           : lebar dasar badan tubuh bendung
Ls           : panjang karet untuk tekukan samping
     B0           : setengah keliling tabung karet
     a             : lebar sisa bahan karet di luar garis penjepitan
     fin          : lebar sirip

Gambar 3.   Bentuk dan dimensi lembaran karet


Tabel 1   Dimensi lembaran karet
Tinggi Bendung H (m)
B0  (mm)
a  (mm)
fin   (mm)
0,50
1040
165
50
1,00
1880
165
60
1,50
2675
165
70
2,00
3505
198
90
2,50
4245
198
110
3,00
9195
237
130
3,50
6090
237
150
4,00
7105
300
170
4,50
7925
300
190
5,00
8735
300
210


E. Tekanan udara dalam tabung karet
Tekanan udara dalam tabung karet dibatasi oleh dua kondisi, yaitu:
1)         harus sedemikian besar agar karet membentuk struktur tabung yang kaku dalam kaitan fungsinya sebagai pembendung air;
2)         tabung karet harus aman dari kemungkinan meletus.
Dengan pertimbangan di atas tekanan udara dalam tabung karet direncanakan berkisar antara 2000 Pa sampai dengan 3000 Pa.


VII. Perencanaan stabilitas
A. Fondasi
Fondasi bendung karet dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu fondasi langsung yang dibangun di atas lapisan tanah yang kuat dan fondasi tidak langsung (dengan tiang pancang) yang dibangun pada lapisan lunak.
Pada fondasi langsung, fondasi bendung karet yang menahan bangunan atas yang relatif ringan membutuhkan massa yang lebih besar untuk menjaga stabilitas terhadap penggulingan dan penggeseran. Untuk penghematan biaya konstruksi, fondasi dibuat dari sel-sel beton bertulang yang diisi dengan pasangan batu.

B.  Stabilitas terhadap erosi buluh (piping)
Panjang lintasan garis rembesan yang aman terhadap bahaya piping bisa dihitung dengan menggunakan metode yang ada seperti Bligh, Lane, jaring aliran (flow net), dan sebagainya. Sebagai contoh, persyaratan keamanan terhadap bahaya piping menurut teori Lane adalah :
.............................................................................. (12)
dengan :
LH   adalah panjang bagian horizontal permukaan dasar fondasi (m)
LV   adalah panjang bagian vertikal permukaan dasar fondasi (m)
H             adalah beda tinggi muka air hulu dan hilir, diambil = H (m)
CL   adalah koefisien Lane yang tergantung pada jenis tanah dasar fondasi seperti ditunjukkan pada Lampiran E.


C. Stabilitas fondasi
1.  Gaya pada fondasi
Gaya-gaya yang bekerja pada fondasi untuk perhitungan stabilitas antara lain sebagai berikut (lihat Gambar 4):
a.        gaya hidrostatik, yang diperhitungkan pada kondisi air normal dengan di hilir kosong (FW),
b.      gaya berat fondasi (G),
c.       gaya angkat air (U),
d.      gaya reaksi dasar fondasi (RS), dan
e.       gaya tahanan tiang pancang (HT dan VT) pada fondasi tiang pancang.



Fondasi Langsung
Fondasi Tiang Pancang

Gambar 4   Skema gaya yang bekerja pada fondasi

2. Stabilitas terhadap penggulingan
Pemeriksaan stabilitas terhadap penggulingan dihitung dengan persamaan:
                   ................................................................................................................ ≥ 1,5   (13)
dengan
SFR  adalah faktor keamanan terhadap guling
MR  adalah momen gaya-gaya penggulingan terhadap ujung hilir fondasi (Nm).
MT  adalah momen gaya-gaya penahan terhadap ujung hilir fondasi (Nm)

3. Stabilitas terhadap penggeseran
Pemeriksaan stabilitas terhadap penggulingan dihitung dengan persamaan:
                        ............................................................................................................   (14)
dengan
SFS  adalah faktor keamanan terhadap geser
FS    adalah gaya-gaya penggeser (N)
FT    adalah gaya-gaya penahan (N)
Persyaratan besarnya SFS ditunjukkan pada Sub-bab 8.3.6.

4. Stabilitas terhadap gaya angkat
                                                                                                                                    ≥ 1,2     (15)
dengan
SFU  adalah faktor keamanan terhadap pengangkatan
FU    adalah gaya angkat air (N)
FG    adalah gaya berat fondasi dan kekuatan tarik tiang pancang (N)

5. Stabilitas tanah dasar
Langkah pertama stabilitas diperhitungkan dengan dimensi fondasi yang stabil menurut perhitungan pada Sub-sub pasal 8.3.2 – 8.3.4.
Dengan asumsi menggunakan fondasi langsung, pemeriksaan stabilitas dihitung dengan rumus:
                         ......................................................................................... (16)
dengan:
SFB adalah faktor keamanan daya dukung tanah
    adalah tegangan maksimum dasar fondasi (kPa)
a  adalah daya dukung tanah yang diizinkan (kPa)
Persyaratan besarnya SFB ditunjukkan pada sub sub bab 8.3.6.
Eksentrisitas gaya resultan dihitung dengan rumus:
………………….........................................................................(17)

dengan:
e     adalah eksentrisitas gaya resultan (m)
B    adalah lebar dasar fondasi (m)
M    adalah momen gaya-gaya terhadap ujung hilir fondasi (Nm)
V    adalah komponen gaya vertikal (N)
Persyaratan besarnya e diuraikan pada Sub-sub bab 8.3.6.
Jika persyaratan tersebut terpenuhi, digunakan fondasi langsung dengan dimensi seperti yang direncanakan sebelumnya.
Jika persyaratan tidak terpenuhi, harus menggunakan fondasi tiang pancang. Pada kondisi ini dimensi pelat fondasi harus diubah menjadi kombinasi antara pelat penghubung dan seri tiang pancang.
Pemeriksaan stabilitas terhadap penggeseran, penggulingan, dan gaya angkat diulang kembali dengan memperhitungkan juga kekuatan tiang pancang untuk menahan gaya angkat dan gaya horizontal. Perhitungan ini akan menentukan jumlah dan dimensi tiang pancang.
Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan stabilitas tanah dasar dengan struktur fondasi yang sudah ditetapkan di atas.

6. Persyaratan angka keamanan
Angka keamanan terhadap penggulingan (SFS), eksentrisitas gaya resultan (e) pada penggulingan dan daya dukung tanah (SFB) ditunjukkan pada Tabel 2 berikut.
Tabel 2   Persyaratan angka keamanan stabilitas fondasi
Kondisi desain
SFS
e
SFB
Normal
Dengan gempa
Banjir
Pelaksanaan
1,5
1,2
1,5
1,2
< B/6
< B/3
< B/6
< B/3
3
2
3
2

VIII.  Perencanaan instalasi

A. Lubang angin
Lubang angin merupakan lubang bagi pemasukan dan pengeluaran udara pada tabung karet. Jumlah lubang minimum dua lokasi, yaitu di kedua ujung tabung karet dengan memasang pipa baja dalam tabung. Hal ini diperlukan untuk menghindari terjebaknya udara pada satu sisi tabung karet ketika terjadi v-notch yang bisa menutup rongga tabung karet. Lubang angin bisa dibuat lebih dari dua, yang diletakkan merata di sepanjang pipa baja dalam tabung karet.
Dalam tabung karet juga perlu dilengkapi lubang drainase yang diperlukan untuk menguras akumulasi air yang terjadi akibat pengembunan udara yang dimampatkan.

B. Pompa dan saluran udara
Pompa udara harus disediakan untuk mengembangkan tabung karet. Pemompaan udara ke dalam tabung karet harus dilengkapi dengan instrumen pengontrol tekanan udara (manometer).
Kapasitas pompa untuk mengembangkan bendung ditentukan dengan rumus berikut.

..................................................................................................... (18)
dengan :
Kp adalah kapasitas pompa (m3/menit)
C adalah rasio tekanan udara dalam tabung karet dan udara luar
Vb adalah volume tabung karet (m3)
ti   adalah waktu pengisian diambil dalam kisaran antara 10 menit sampai dengan
     30 menit.
Diameter pipa saluran udara ditentukan berdasarkan waktu pengempisan dengan persamaan berikut.
………………………………………………………………..19)

 .................................................................................. (20)
pr   =  0,5 (w h1 + pb + w h3).......................................................................... (21)
dengan:
to     adalah waktu pengempisan (menit)
Vb   adalah volume tabung karet (m3)
D    adalah diameter pipa (m)
vo    adalah kecepatan rata-rata udara keluar (m/s)
g     adalah gravitasi (m/s2)
pr    adalah tekanan rata-rata udara dalam tabung selama pengempisan (Pa),
f      adalah koefisien kekasaran pipa, diambil 0,03
L     adalah panjang pipa (m)
a   adalah rapat massa udara = 0,0012 ton/m3
w adalah rapat massa air = 1 ton/m3
h1    adalah tinggi pembendungan maksimum (m)
h3    adalah kedalaman air banjir pada saat bendung kempis total (m).
Dengan to diambil sekitar 10 menit sampai dengan20 menit bisa dihitung besarnya diameter pipa D.

C.  Sistem otomatisasi
Prinsip keja sistem otomatisasi adalah apabila muka air sungai di hulu bendung sudah mencapai muka air pengempisan yang direncanakan, akan terjadi aliran masuk ke dalam sistem, yang diatur untuk menggerakan tuas pembuka tutup saluran udara dari tabung karet. Sistem penggerak tuas yang biasa digunakan, antara lain sebagai berikut.
1.      Sistem ember, aliran air ditampung dalam suatu ember yang diikatkan pada kotak otomatisasi. Dengan makin besar berat ember, posisi ember akan turun hingga memutar tuas pembuka tutup saluran udara.
2.      Sistem pengapungan, aliran air ditampung dalam suatu bak yang di dalamnya dipasang pelampung. Pelampung diikat dengan tali yang dihubungkan dengan kotak otomatisasi. Jika muka air naik, pelampung ikut naik dan menggerakkan tuas pembuka tutup saluran udara.

 

 

Lampiran A

(informatif)
Tata letak dan komponen bendung karet
Gambar A.1   Denah bendung karet







Gambar A.2   Potongan melintang bendung karet
 
Gambar A.3   Contoh detail dimensi tubuh bendung karet






  unit :  mm
Dam height
B 3
YI
Y 2
Y 3
Y 4
Y5
Y 6
Y 7
Y 8
Y 9
Y10
Y 14
Z 4
Z 5
Z6
Z 9
Z 10
500
2000
815
1040
1201
360
165
125
360
1165
300
10.6
50
350
178
198
749
841
1000
2800
815
1880
2046
660
165
155
660
1975
550
10.6
50
850
371
198
1309
1398
1500
3600
815
2675
2864
960
165
155
960
2790
550
10.6
70
1350
575
198
1878
1965
2000
4500
848
3505
3741
1260
198
155
1260
3640
550
10.6
90
1850
794
226
2457
2562
2500
5300
848
4245
4511
1560
198
155
1560
4400
550
11.8
110
2350
984
226
3031
3134
3000
6300
907
5195
3512
1860
257
155
1860
5370
550
13.8
130
2850
1127
251
3609
3745
3500
7300
900
6090
6440
2190
250
155
2190
6285
700
13.8
150
3400
1374
271
4235
4367
4000
8400
950
7105
7511
2490
300
155
2490
7320
700
15.2
170
3900
1554
334
4813
4974
4500
9300
950
7925
8352
2790
300
155
2790
8160
900
22.5
190
4400
1754
334
5379
5539
5000
10100
950
8735
9183
3090
300
155
3090
8990
900
22.5
210
4900
1957
334
5944
6104


 









                    
   Denah garis penjepitan pada angker tunggal                                   Denah garis penjepitan pada angker ganda

   
Penampang lintang bendung
dengan angker tunggal
Penampang lintang bendung
dengan angker ganda

 
Detail Angker hulu


Gambar A.4   Sistem penjepitan bendung karet
Keterangan :
 
A.                Tubuh bendung
B.                 Lubang ventilasi
C.                 Ember penampung air
D.                Tuas pembuka katup pembuang
E.                 Sistem transmisi pembuka katup
F.                  Pipa pembuang udara
G.                Manometer
H.               Pompa udara
I.                  Motor
J.                  Saringan udara masuk
K.               Pipa pengisian/pembuang
L.                Lubang masukan air
M.              Pipa masukan air
N.               Pipa drainase
 
Gambar A.5   Skema instalasi operasi dengan otomatisasi tipe ember
 
 

 
Keterangan :
 
A.    Tubuh bendung
B.    Lubang ventilasi
C.    Pipa pengisian/pembuang
D.    Manometer
E.     Pompa udara
F.     Motor
G.    Saringan udara masuk
H.    Katup pembuang udara
I.       Sistem transmisi pembuka katup
J.       Pipa pembuang
K.    Lubang masukan air
L.     Pipa masukan air
M.   Pelampung

Gambar A.6  Skema instalasi operasi dengan otomatisasi tipe pelampung
Lampiran B
(Informatif)
Panelisasi bentang bendung

A.   Maksud dan tujuan

Panelisasi bentang bendung adalah pembagian bentang bendung karet menjadi panel-panel yang masing-masing bisa diatur waktu pengepisan dan pengembangannya.
Tujuan panelisasi adalah untuk mempertahankan muka air di hulu bendung agar selalu mendekati muka air normal dan untuk menghemat operasi kembang-kempis bendung karet.

B.   Penghitungan panjang panel

1.  Dasar perhitungan

Pada waktu datang banjir besar, muka air di hulu bendung akan naik. Ketika mencapai pembendungan maksimum, bendung panel pertama dikempiskan. Panjang panel pertama didesain sedemikian rupa agar pada waktu dikempiskan muka air hulu akan turun sampai elevasi normal. Jika banjir masih meningkat sehingga muka air mencapai pembendungan maksimum, panel kedua dikempiskan. Panjang panel kedua didesain sedemikian rupa agar pada waktu panel pertama dan kedua dikempiskan, muka air hulu akan turun mencapai elevasi normal. Demikian juga untuk panel berikutnya. Rating curve pada panelisasi bendung yang menerapkan operasi pengempisan bertahap disajikan pada Gambar B.1.

 

2.    Penghitungan panel

Jika rumus debit limpasan per satuan panjang qw dan debit pada bagian yang mengempis qk, maka panjang panel-panel dapat dihitung dengan persamaan :
     qw. L = qk Lp1 + qw (L-Lp1)
     qw. L = qk (Lp1 + Lp2) + qw (L-Lp1- Lp2)
     qw. L = qk (Lp1 + Lp2+ Lp3) + qw (L-Lp1- Lp2- Lp3)
dan seterusnya untuk panel berikutnya.


Gambar B.A Rating curve pada panelisasi bendung


3. Operasi pengempisan

Pengempisan panel-panel bendung karet dilakukan satu per satu (tidak serentak). Oleh karena itu, muka air pengempisan dibuat berbeda-beda untuk tiap panel, dengan perbedaan sekitar 3 cm. Jika panel cukup banyak dan muka air pengempisan tidak bisa dibuat relatif tinggi, operasi pengempisan bisa dilakukan secara manual, dengan muka air pengempisan sama untuk seluruh panel.








Lampiran C

(informatif)
Rumus penghitungan debit limpasan

 

A.  Debit limpasan pada pembendungan maksimum


Total debit limpasan pada pembendungan maksimum dihitung dengan rumus:
Qw = Cw L h13/2 
dengan :
Qw adalah debit limpasan pada pembendungan maksimum (m3/s),
Cw  adalah koefisien limpasan (m1/2/s),
 L    adalah panjang bentang bendung (m),
h1    adalah tinggi pembendungan maksimum (m).
Besarnya Cw bisa didekati dengan rumus:
Cw = 1,77 (h1/H) + 1,05  (untuk 0 < h1/H < 0,3)

 


B.  Debit spesifik pada V-Notch

Debit pada V-notch dihitung dengan asumsi karet pada pusat V-notch mengempis total, sedangkan di bagian lain masih mengembang sempurna. Sementara itu, muka air hulu sama dengan muka air pada pembendungan maksimum.
Besarnya debit dihitung dengan rumus:
qv = Cv (H+h1)3/2
dengan:
qv adalah debit spesifik pada V-notch (m3/s)
Cv adalah koefisien aliran yang bisa diambil 1,38 (m1/2/s)
H  adalah  tinggi bendung (m)
h1  adalah tinggi pembendungan maksimum (m)


Penampang lintang pada pusat V-notch



Tampak depan tabung karet yang mengalami v-notch.


Keterangan :           qv = debit spesifik pada v-notch
qw = debit limpasan pada pembendungan maksimum

 

Gambar C.A.   Kondisi aliran untuk perhitungan debit limpasan
Lampiran D

Bagan alir perencanaan stabilitas fondasi


Lampiran E

(informatif)
Daftar koefisien Lane (CL)

Jenis tanah
CL
Lanau atau pasir sangat halus
Pasir halus
Pasir sedang
Pasir kasar
Gravel halus
Gravel sedang
Gravel kasar campur batu
Lempung lunak
Lempung sedang
Lempung keras
Batu lempung
8,5
7
6
5
4
3
2
3
2
1,8
1,6















IX.  Istilah  dan definisi

1.      Bendung adalah bangunan melintang alur sungai yang berfungsi untuk meninggikan muka air sungai.

2.      Bendung tetap adalah bendung yang tidak bisa dioperasikan untuk meniadakan pembendungan air.

3.      Bendung gerak adalah bendung yang bisa melayani operasi untuk meniadakan pembendungan air.

4.      Bendung gerak pintu adalah bendung gerak yang terbuat dari pintu sebagai sarana operasi pembendungan air.

5.      Bendung karet adalah bendung gerak yang terbuat dari tabung karet yang mengembang sebagai sarana operasi pembendungan air.

6.      Bendung karet isi udara adalah bendung karet yang menggunakan udara sebagai media pengisi tabung karet.

7.      Bendung karet isi air adalah bendung karet yang menggunakan media air sebagai media pengisi tabung karet.

8.      Pengembangan adalah proses pengisian udara ke dalam tabung karet hingga tabung karet mengembang menjadi bendung yang kaku.


9.      Waktu pengembangan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk pengembangan.


10.  Pengempisan adalah proses pengosongan udara dalam tabung karet hingga tabung karet terlipat dan tidak memberikan efek pembendungan.


11.  Pengempisan otomatis adalah pengempisan pada saat mulainya pengaturan secara otomatis berdasarkan ketinggian muka air hulu.


12.  Muka air pengempisan adalah taraf muka air yang ditetapkan sebagai kontrol dimulainya proses pengempisan bendung.

13.  Waktu pengempisan adalah jangka waktu yang diperlukan untuk pengempisan tabung karet.


14.  Bentang bendung adalah panjang total bagian pelimpah tubuh bendung.

15.  Bentang panel adalah panjang masing-masing panel tubuh bendung.


16.  Mercu bendung adalah bagian puncak tabung karet yang mengembang dan melintang alur sungai.


17.  V-notch adalah bentuk mercu bendung karet yang terlipat ke bawah menyerupai bentuk huruf V sebagai akibat tekanan air pada tubuh bendung yang tidak kaku yang terjadi ketika mengembang tidak sempurna.

18.  Sirip (fin) adalah tonjolan lembaran karet yang ditambahkan pada tubuh bendung di hilir mercu yang berfungsi untuk mencegah aliran limpasan menempel menuruni bagian hilir tubuh bendung.

19.  Fondasi adalah bagian struktur bendung yang berfungsi untuk meletakkan tabung karet  dengan stabil sesuai dengan fungsinya sebagai bendung.

20.  Lantai hulu adalah bangunan kedap air yang diletakkan pada dasar alur sungai di hulu bendung sebagai sarana untuk memperpanjang lintasan rembesan air di dasar bendung.

21.  Lantai hilir adalah bangunan kedap air sebagai pelindung dasar alur sungai di hilir bendung terhadap gerusan akibat terjunan air dari tubuh bendung.









Daftar Pustaka

  1. Bridgestone : Rubber dam, brochure W121-9307, Japan, 1994.
  2. CTI Engineering Co., LTD. : Detailed design and construction supervision of rubber dam construction works for Jeneberang raw water supply project in the Bili-bili multipurpose dam project, Makassar, 1994.
  3. Dedi Tjahjadi Abdullah, Ir. : Bendung karet di Indonesia, makalah pada seminar bendung karet, Serang, 1999.
  4. Departemen Pekerjaan Umum : KP-02, Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama.
  5. Departemen Pekerjaan Umum : KP-06 : Standar Perencanaan Irigasi, Kriteria Perencanaan Bagian Bangunan Utama.
  6. Indah Karya, PT. : Detail desain bendung karet Welahan-Bum, laporan utama bagian A, Semarang, Januari 1995.
  7. PAU Ilmu Teknik UGM : Re-kalkulasi desain fondasi bendung karet K. Lamong I, Yogyakarta, 1994.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar